Apa Bedanya Facebook Marketplace dan Marketplace Lain?

Apa Bedanya Facebook Marketplace dan Marketplace Lain?

Walau sama-sama masuk dalam kategori marketplace. Facebook marketplace ini memiliki banyak perbedaan jika di bandingkan dengan marketplace pada umumnya.

Secara fb marketplace ini adalah sebuah marketplace yang ada di dalam sosial media facebook. Jadi sudah jelas berbeda.

Tapi yang anehnya sekarang ini banyak marketplace malah memiliki fitur layaknya sosial media. Jadi anehnya facebook sendiri yang sosial media malah memiliki fitur marketplace sementara marketplace sendiri juga punya fitur sosial media hehe…

Berikut ini beberapa perbedaan antara jualan di facebook marketplace dan di marketplace:

Tidak perlu daftar

Jualan di facebook marketplace itu mudah banget, ngga perlu daftar apapun lagi. Yang penting sudah memiliki akun facebook maka sudah bisa berjualan.

Beda halnya dengan berjualan di marketplace pada umumnya yang harus daftar dulu. Setelah daftar anda tidak bisa langsung jualan, harus setting ini itu buat toko dan lainnya baru bisa jualan.

Transaksi di luar facebook marketplace

Jika di marketplace biasa, ketika anda ingin membeli barang, maka anda harus transfer ke rekening marketplace tersebut. Yang dimana uang akan di tahan oleh marketplace sampai barang yang di pesan tiba di rumah pembeli, kemudian si pembeli tadi mengkonfirmasi pesanan selesai baru uang bisa masuk ke saldo toko anda.

Di satu sisi, sistem seperti ini memang lebih aman untuk pembeli dan terhindar dari tindak penipuan. Jadi bisa lebih saling percaya.

Tapi disisi lainnya. Penjual yang menginginkan perputaran uang yang cepat tidak bisa merasakan itu karena harus menunggu barang sampai ke pembeli dan pembeli konfirmasi selesai baru uang bisa masuk saldo toko.

Jika anda pemain dropshipper dari marketplace ke marketplace maka anda membutuhkan modal untuk membeli produk yang di pesan pembeli dulu.

Beda halnya jika anda jualan di fb marketplace dimana pembeli bisa transfer dulu dan uangnya bisa anda belikan produk di marketplace lain.

Tidak ada biaya admin

Isu ini yang sedang hangat belakangan ini, dimana biaya admin dari marketplace oren semakin tinggi dan semakin mencekik penjual. Bagaimana tidak biaya adminnya terus naik yang otomatis itu akan menggerus profit.

Di facebook marketplace tidak ada biaya admin. Jadi keuntungan dari produk yang anda jual bisa maksimal tanpa ada potongan apapun.

Bisa disesuaikan dengan lokasi

Algoritma facebook marketplace ketika anda memposting produk. Maka produk tersebut tidak bisa dilihat oleh semua orang di Indonesia. Yang bisa melihat produk yang anda jual hanya orang-orang yang berada di lokasi yang anda target.

Gambar di atas adalah tampilan ketika ingin posting produk berdasarkan lokasi di jakarta timur. Enaknya dari fitur ini adalah anda bisa mentarget kota-kota yang memiliki penjualan tertinggi dari produk yang anda jual. Untuk mengetahui kota mana saja yang paling banyak membeli produk yang anda jual. Anda bisa mempelajari tentang riset produk.

Selain itu, kita juga bisa mentarget lokasi di luar dari Indonesia. Iyess.. itu artinya anda bisa berjualan ke luar negeri dan GRATIS. Ini menjadi kabar baik bagi para pemain export. Sudah saatnya kita memasarkan produk lokal kita ke belahan dunia lain.

Kalau untuk fitur ini di marketplace besar seperti si oren, ijo dan kawan-kawannya belum ada.

Tidak perlu memasukkan kartu identitas (KTP)

Biasanya untuk memastikan bahwa anda adalah penjual yang terpercaya. Anda harus mengupload kartu idnetitas (KTP) untuk memverifikasi akun Anda.

Hal ini tidak berlaku untuk facebook marketplace. Tanpa KTP atau kartu indentitas lainnya anda sudah bisa berjualan di sana.

Bisa langusng jualan tanpa ribet setting toko

Ketika anda sudah mendaftar di maretplace biasanya anda harus setting toko. Kalau tidak bisa-bisa toko anda tidak terpercaya dan tentu saja jadi sepi pembeli.

Setting toko ini akan membuat ribet orang yang baru membuka toko karena banyak yang harus di setting mulai dari.

  • Foto profil
  • Sampul toko
  • Kategori produk
  • Catatan toko
  • Tata letak produk
  • Dan lainnya

Apakah setelah setting toko bisa membuat jualan anda di marketplace laris? tidak semudah itu verguso. Masih ada hal lain yang harus anda lakukan.

Kalau di Facebook marketplace ya.. anda tinggal posting produk saja. Tanpa repot-repot setting toko segala hehe…

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Minim kompetisi

Fitur marketplace yang ada di facebook hadir belum lama ini. Jadi kompetisi di dalamnya masih sedikit. Peluang untuk laris manis masih terbuka lebih.

Beda halnya di marketplace populer di indonesia yang kompetisinya sudah sangat ketat. Bahkan yang parahnya lagi, produsen atau pemilik produk juga ikut jualan di dalamnya dan bersaing dengan reseller.

Apalagi di beberapa marketplace ada fitur Mall, Official Store dan lainnya. Yang membuat persaingan makin ketat. Tentu saja orang akan lebih memilih belanja di toko yang berlabel official store atau Mall.

Tidak ada perang harga

Jika anda membuka fitur marketplace pada aplikasi facebook anda. Maka anda akan menemukan harga yang ambigu dimana banyak penjual yang menulis Free atau harga Rp.123 dan lainnya.

Sehingga orang yang ingin membeli harus chat penjual terlebih dahulu untuk menanyakan ketersediaan produk dan juga harga aslinya.

Hal ini menjadikan facebook marketplace tidak ada perang harga karena harga yang di tampilkan begitu ambigu hehe…

Jadi anda bisa menaikkan harga lebih tinggi dari yang di jual di marketplace lain. Tapi jangan terlalu tinggi juga nanti sulit lakunya.

Kesimpulan

Facebook marketplace sendiri lebih mirip seperti OLX jika dibandingkan dengan marketplace lain. Oleh karena itu untuk anda yang ingin berjualan di facebook marketplace maka saat ini peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Jika anda sudah terlanjut berjualan di marketplace lain, Anda bisa juga berjualan di fb marketplace dan ketika ada pembeli anda arahkan saja transaksinya ke toko anda di marketplace lain.

Biasanya para pembeli di facebook marketplace salalu menginginkan untuk COD. Hal ini karena produk yang kita tampilkan masih satu lokasi dengan pembeli sehingga memungkinkan untuk melakukan COD. Jadi anda harus bisa memenuhi keinginan pembeli untuk melakukan COD.

JADIKAN AKUN FACEBOOKMU JADI TAMBANG EMAS BARU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *