Jualan di Facebook Atau Instagram Mana yang Lebih Baik?

Jualan di Facebook Atau Instagram Mana yang Lebih Baik?

“Mas mana yang lebih baik, Jualan di facebook atau instagram?”

Dua sosial media yang sangat populer ini sangat wajib untuk digunakan sebagai media jualan. Jika dilihat dari top 5 sosial media yang paling sering digunakan di Indonesia, facebook dan instagram berada masuk jajaran top 5 tersebut.

Hal ini membuat facebook dan instagram di lirik oleh para penjual online. Karena semakin banyak pengguna pada sebuah platform maka semakin tinggi juga untuk agar laris jualan di platform tersebut.

Kalau misalkan anda sedang bingung mau jualan di facebook atau instagram sebaiknya anda pelajari dulu apa kelebihan jualan di fb dan ig.

Kelebihan Jualan di Facebook

Facebook sendiri sebenarnya sudah memfasilitasi untuk orang yang ingin jualan melalui facebook marketplace. Biasanya ketika kita memposting sebuah produk melalui staus pribadi biasanya facebook akan otomatis menandai postingan tersebut sebagai jualan dan akan masuk ke marketplace.

Itulah mengapa jualan di status facebook sudah tidak efektif lagi karena facebook sudah mengerti mana status jualan dan mana yang bukan.

Dengan adanya facebook marketplace sebenarnya membuat jualan di facebook jadi makin mudah. Karena algoritma dari FB marketplace itu sendiri membuat produk yang anda posting disitu bisa dilihat banyak orang yang bukan berasa dari daftar teman anda.

Serta di FB marketplace juga terdapat fitur untuk share ke grup-grup jual beli. Dimana dengan cara ini postingan jualan anda akan menjangkau orang lebih luas lagi.

Inilah kelebihan jualan di facebook dengan memanfaatkan fitur marketplace.

BACA JUGA  Cara Membuat Link Swipe Up di Instagram

Kelebihan Jualan di Instagram

Instagram yang memang juga bagian dari facebook juga memiliki fitur untuk jualan. Namanya instagram shopping. Di instagram sendiri sebelum adanya fitur shopping memang sudah bagus untuk jualan.

Keberadaan fitur hashtag, tag lokasi dan juga fitur pencarian di explore membuat produk yang anda jual lebih mudah ditemukan calon pembeli walaupun jumlah followers masih sedikit.

Di instagram sendiri adalah platform sosial media untuk share foto. Jadi tampilannya lebih dominan oleh foto. Itu sebabnya foto produk yang bagus bisa berpotensi lebih laris dari foto yang biasa-biasa saja.

Berbeda dengan facebook personal yang bisa menambahkan teman hanya sampai 5000 orang saja. Di instagram siapapun bisa memfollow akun anda berapa banyakpun jumlahnya.

Tapi biasanya semakin banyak jumlah followers pada suatu akun makan jualan akan semkin laris. Dengan catatan followersnya aktif dan ada interaksi dengan akun instagram anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Jualan di Instagram

Pahami Audience Facebook dan Instagram

Disini anda harus bisa memahami audience dari kedua platform tersebut. Iya.. jika anda ingin berjualan di facebook atau instagram. Selain mempelajari fitur-fiturnya anda juga barus memahami audience yang ada di dalamnya. Kenapa? Karena anda akan berjualan ke manusia bukan ke robot.

Pengguna facebook di Indonesia

Jualan di Facebook Atau Instagram Mana yang Lebih Baik?

Jika anda perhatikan data di atas. Di facebook lebih dominan pengguna pria ketimbang wanita dan di dominasi oleh kaum milenial. Itu artinya jika anda berjualan produk-produk kecantikan atau fashion wanita akan kurang nendang jika berjualan di facebook.

Jadi disini anda juga harus memhami behavior dari pengguna facebook agar anda bisa memberikan produk yang memang ada peminatnya. Bukan asal jualan produk.

BACA JUGA  Panduan Riset Hashtag Instagram Yang Dapat Meningkatkan Jangkauan Postingan

Pengguna instagram di Indonesia

Jualan di Facebook Atau Instagram Mana yang Lebih Baik?

Sementara pengguna instagram malah sebaliknya. Lebih di dominasi oleh wanita ketimbang pria. Yang dimana produk-produk seperti fashion wanita, kecantikan sangat laris disana.

Terlebih lagi behavior dari wanita yang pada umumnya lebih mengutamakan perasaan ketimbang logika ketika mereka belanja. Membuat produk-produk lebih mudah di terjual. Karena jika mereka sudah suka dengan “tampilannya dan terlihat bagus” biasanya tanpa pikir panjang lagi mereka akan membelinya tanpa memperdulikan harganya.

Gunakan ke Duanya

Sebenarnya daripada bingung mau jualan di facebook atau instagram. Lebih baik gunakan keduanya untuk jualan. Bangun akun di instagram dan bangun juga sebuah fanspage dan marketplace di facebook.

Dengan begitu produk anda akan lebih luas lagi tersebarnya.

Namun jika anda ingin fokus di salah satunya saja tidak mengapa. Justru itu bagus sehingga anda bisa fokus mengembangkan salah satunya.

Jangan lupa untuk menggunakan fitur facebook ads. Untuk membantu anda menjangkau orang-orang tertarget lebih luas lagi. Memang anda akan membayar tapi hasil yang di dapatkan bisa jadi lebih banyak dari uang yang anda keluarkan untuk beriklan.

Tentu saja harus belajar dulu untuk mengetahui teknik dan strategi beriklan di facebook ads.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Kesimpulan

Sekali lagi masing-masing platform sosial media punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi untuk anda yang ingin jualan bisa mencoba salah satunya dulu, misal anda fokus di instagram, kemudian ketika di instagram sudah menghasilkan. Anda bisa merambah ke facebook atau sebaliknya.

Disini saya juga ingin mengingatkan jangan hanya jualan di satu media saja. Misal hanya jualan di instagram saja tanpa memperdulikan media yang lainnya.

BACA JUGA  3 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Dengan Modal Kecil

Ini akan sangat berbahaya sekali jika sewaktu-waktu instagram down atau akun anda ke banned, pemasukkan anda akan ikut down juga karena hanya mengandalkan satu media jualan saja.

Bayangkan jika anda punya media jualan di facebook, instagram, youtube, tiktok dan lainnya. Kalau ada salah satu media yang down. Anda masih bisa dapat pemasukkan dari media yang lainnya.

======

SEKARANG ANDA BISA MENJADIKAN FACEBOOK SEBAGAI TAMBANG EMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *